Motherboard atau Mainboard, Apa itu ? #PerangkatKerasKomputer

( Gambar Panel Belakang Motherboard )

Greetings, Hai, belajar dijurusan TKJ itu banyak ilmunya, saya akan bahas secara detail dan saya harap kamu bisa paham apa yang saya tulis. Materi sekarang yaitu tentang Mainboard atau Motherboard, Apa itu ? .

Motherboard atau Mainboard atau Papan Induk pada komputer merupakan sebuah perangkat utama untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya. Motherboard menghubungkan berbagai perangkat diantaranya, Processor, RAM ( Random Access Memory ) atau orang biasa sebut dengan Memory RAM atau Memory komputer, VGA ( Video Graphic Array ) , Harddisk, SSD, Power Supply, Fan ( Kipas ) , Mouse, Keyboard, Monitor, Speaker, Internet, Perangkat yang menggunakan USB ( Handphone, HDD External , WebCam ). Dari setiap perangkat, memiliki jenis dan kegunaan tersendiri, untuk detailnya bisa kamu klik tulisan dengan warna merah ya :).

1. CONNECTIVITY atau PORTS


 ( Gambar Connectivity Motherboard )

2. KONEKTOR dan SLOT

( Gambar Konektor dan Slot pada Motherboard )


3. JENIS MOTHERBOARD

( Gambar Jenis Motherboard )

Dari gambar jenis motherboard diatas kamu dapat melihat perbedaanya dimana, tidak hanya dari ukurannya saja yang bertambah tetapi port, slot dan konektornya pun juga bertambah. Jadi kenapa ukuran motherboard bisa berbeda, itu karena kebutuhan setiap orang pada komputer juga berbeda, ada yang hanya mengetik atau menggunakan aplikasi ringan, ada yang suka menggunakan komputer untuk keperluan seperti bermain game sambil menonton netflix atau youtube, ada juga yang melakukan pengolahan video atau pembuatan animasi maka semakin berat atau banyak penggunaan aplikasi secara bersamaan maka komputer memerlukan tenaga yang lebih besar.

Closing, dari materi diatas kamu harus mengetahui jenis motherboard serta ports, slot dan konektor pada motherboard itu kegunaanya untuk apa. tidak perlu hafal tapi pelan-pelan sembari praktik. Terima Kasih untuk kamu yang sudah membaca, jangan lupa untuk berikan komentar, agar tulisan saya lebih baik :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hardware Computer, Apa Itu ? #PerangkatKerasKomputer

SMK Jurusan TKJ Belajar Apa Saja